Latar Belakang


Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra menyajikan informasi tentang kebinekaan bahasa dan sastra di Indonesia. Laboratorium ini menyajikan keberagaman bahasa dan sastra daerah di seluruh Indonesia. Jika ditelusuri lebih lanjut, di balik keberagaman bahasa daerah tersebut ditemukan adanya berbagai kesamaan, misalnya kesamaan dalam hal kosakata.

Sampai saat ini, Badan Bahasa telah memetakan dan menverifikasi 652 bahasa daerah di Indonesia (Badan Bahasa, 2017). Data yang ditampilkan di dalam Laboratorium ini merupakan hasil penelitian dan pemetaan bahasa yang dirintis oleh Badan Bahasa sejak tahun 1992. Saat ini, Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra menyajikan data 122 bahasa daerah dan akan terus diperbaharui di masa datang. Bahasa daerah tersebut tidak hanya menyimpan kekayaan fitur-fitur kebahasaan, tetapi juga kearifan lokal dan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia.

Keberadaan laboratorium ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat bahwa Indonesia memiliki kekayaan berupa keanekaragaman bahasa dan sastra. Di samping itu, keberadaan laboratorium ini diharapkan dapat menjadi salah satu media pemelajaran bahasa dan sastra daerah bagi berbagai kalangan, baik pemelajar, akademisi, maupun masyarakat umum. Untuk itu, laboratorium ini menampilkan beberapa fitur sebagai berikut.

1.  Peta persebaran bahasa daerah di Indonesia.

2.  Contoh 200 kosakata dasar Swadesh, yaitu kosakata terkait budaya dasar dari berbagai bahasa daerah di Indonesia.

3.  Video tuturan sastra lisan, cerita rakyat, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia.

4.  Pohon kekerabatan bahasa hasil analisis kekerabatan antarbahasa daerah di Indonesia.

5.  Ekspresi dan transkripsi berbagai bahasa daerah di Indonesia.