Muslim Suksa School, Satun, Thailand Kunjungi Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra


Sentul, Badan Bahasa--Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra melalui Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Bahasa menerima kunjungan sebanyak tiga puluh lima orang siswa dan delapan guru pendamping dari Muslim Suksa School, Satun, Thailand di PPSDK, Sentul, Bogor, Jawa Barat, 21 Maret 2018. Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan laboratorium bahasa dan sastra kepada siswa Thailand. Tepat pukul 14.00 WIB acara dimulai dengan pembukaan dilanjutkan dengan materi tentang laboratorium kebinekaan yang disampaikan oleh Husnul Khatimah, staf bidang Pengembangan Strategi Kebahasaan.

Materi yang disampaikan tentang pengenalan fitur-fitur yang ada di aplikasi laboratorium kebinekaan yang terdiri atas beranda, latar belakang, deskripsi bahasa daerah, kosakata dasar, ekspresi bahasa, peta penyebaran bahasa, cerita rakyat, kekerabatan bahasa, poster kosakata, statistik bahasa yang terpetakan, dan kosakata swadesh. Laboratorium kebinekaan bahasa dan sastra merupakan galeri yang berbasis teknologi informasi. Dinamisnya perkembangan ilmu pengetahuan kebahasaan dan kesastraan di Indonesia yang multikultur mendorong laboratorium ini memiliki sebuah wadah informasi yang dapat terus diperbarui.

Dari paparan yang disampaikan terlihat jika para siswa dan guru sangat mengagumi keanerakagaman bahasa daerah yang sangat banyak jumlahnya di Indonesia. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian cendera mata laboratorium kebinekaan dan poster literasi. Acara selanjutnya, siswa berkeliling ruang laboratorium kebinekaan di antaranya selasar bineka yang memiliki beragam koleksi poster bahasa daerah dan komputer yang berisi aplikasi lab bineka. Para siswa dapat mencoba sendiri menjalankan aplikasi lab bineka dengan dipandu tim bidang strategi. Selanjutnya, para siswa memasuki ruang sastra yang berisi koleksi cakram padat sastra lisan, poster dan buku cerita rakyat. Terakhir, ruang bahasa menampilkan koleksi poster yang berisi kosakata dalam berbagai bahasa dan poster aksara dari berbagai provinsi.

Setelah para siswa berkeliling lab bineka, mereka kembali berkumpul di aula lab. Pemandu meminta seorang siswa untuk maju ke depan panggung menceritakan kesan-kesannya setelah berkunjung ke PPSDK. Kesan yang sangat positif diutarakan oleh siswi yang memiliki nama lengkap Russaneeya. Para siswa dan segenap pimpinan sekolah berharap dapat berkunjung kembali ke PPSDK dan keluarga besar PPSDK juga dapat berkunjung ke Muslim Suksa School Thailand. Pukul 15.00 WIB acara ditutup oleh Bapak Hurip Danu selaku salah satu pimpinan di Badan Bahasa. (CAS)