Bahasa Lauje Malala


Bahasa Lauje Malala merupakan bahasa yang dituturkan di Desa Malala, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Bahasa ini pada mulanya merupakan isolek Lauje. Akan tetapi, penghitungan dialektometri bahasa Dondo dialek Lauje dengan bahasa Lauje Malala menunjukkan perbedaan sebesar 85% (beda bahasa). Oleh karena itu, isolek Lauje yang terdapat di Desa Malala, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli ditetapkan sebagai bahasa yang berbeda dari bahasa Lauje yang terdapat di Desa Bobalo, Kecamatan Palasa, Kabupaten Parigi Moutong dan Desa Ogowele, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli. Penamaan bahasa Lauje Malala diambil dari nama desa tempat isolek Lauje itu dituturkan.

Menurut pengakuan penduduk, di sebelah utara, selatan, barat, dan timur wilayah pakai bahasa Lauje Malala berbatasan dengan bahasa Dondo. Bahasa Lauje Malala merupakan sebuah bahasa karena terdapat persentase perbedaan berkisar 81—97% jika dibandingkan dengan bahasa-bahasa di sekitranya.

SIL (2006) mengidentifikasi bahasa Lauje yang terdapat di Sulawesi dengan nama bahasa Lauje. Dikatakan pula oleh SIL bahwa bahasa Lauje hanya memiliki satu dialek, yaitu dialek Ampibabo. Akan tetapi, SIL menambahkah keterangan bahwa ada kemungkinan dialek tersebut merupakan bahasa yang berbeda.